PENINGKATAN KUALITAS LAYANAN HOMESTAY PONDOK SAYAN BONGKASA MELALUI PENDIDIKAN SIKAP PROFESI
Abstract
Industri perhotelan memiliki peranan yang penting dalam mendorong pertumbuhan ekonomi nasional. Peranan industri perhotelan dirasakan sangat penting terutama dalam aspek-aspek seperti kesempatan kerja, pemerataan pendapatan, pembangunan ekonomi, dan lain-lain. Dewasa ini industri perhotelan di Indonesia semakin berkembangan dengan berbagai jenis usahanya, mulai dari hotel, Homestay, resort, dan home stay. Tujuan pengabdian masyarakat ini untuk mengisi pemahaman dasar terkait pemberian pelayanan, budaya dan sikap kerja kepada wisatawan yang datang menginap di Pondok Sayan Bongkasa. Metode pelaksanaan kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini adalah dengan menggunakan metode ceramah, dialog, dan diskusi dalam rangka penyuluhan pemahaman dasar terkait pemberian pelayanan, pemahaman tentang budaya, dan peningkatan sikap kerja di Pondok Sayan Bongkasa. Berdasarkan pemaparan materi yang diberikan menjadi hal yang menarik untuk para karyawan, materi ini dapat tersampaikan serta diterima dengan baik. Berdasarkan pemaparan materi budaya dan lintas budaya yang diberikan menjadi pengetahuan yang menarik untuk para karyawan. Materi ini dapat tersampaikan serta diterima dengan baik, dengan akumulasi serapan yang baik. Materi sikap kerja dapat tersampaikan serta diterima dengan baik, dengan akumulasi serapan mencapai cukup baik.